Kamis, 03 September 2015

Kota Probolinggo




            Haloo kawanku , Pernahkah anda berkunjung ke Probolinggo? Nah, Probolinggo ini merupakan daerah yang terdapat di Jawa Timur, daerah yag terkenal dengan tempat wisatanya yang mendunia.Kali ini saya akan membahas tentang tarian daerah dan wisata di daerah Probolinggo.. Langsung saja saya bahas satu persatu tentang kotaku.
Kota Probolinggo memiliki Makanan khas Probolinggo yaitu :
banyak makanan khas yang siap mengisi perut anda jika ber kunjung ke kota probolinggo. diantaranya ada soto krasan, nasi glepungan dll, nah berikut adalah 5 masakan khas Probolinggo :

1. Soto Kraksaan Khas Probolinggo

Makanan khas probolinggo yang pertama adalah soto kraksaan, yang menjadikan khasnya soto ini adalah bahan bumbunya yang berbeda pada umumnya, bahan daging ayam yang dipakai adalah ayam jantan dengan bumbu santan yang dilengkapi dengan serbuk kelapa yang disangrai, sebagai pelengkap Soto Kraksaan ini dilengkapi dengan irisan kentang yang di kukus di tambahkan kerupuk udang sebagai pelengkap. jika anda berkunjung ke krakasan anda dapat membelinya di utara Masjid Agung Ar-Raudlah dan di sebelah timur Rutan Kraksaan.






2. Nasi Glepungan Khas Probolinggo


Makanan khas probolingo yang ke dua adalah nasi glepungan, nasi ini dalam penyajianya terdapat lauk yang tradisional, dengan ragam olahan tradisional ada Ikan Asin, tempe dan tahu penyet, Lalapan, Sambel pedas, Nasi glepungan (Sari-sari jagung), smua di taruh di atas nasi dan siap untuk di santap.

3. Kepiting Olok Khas Probolinggo

Selanjutnya yang ke tiga adalah kepiting Olok, olo sendiri merupakan kepiting muda yang terdapar di pantai. untuk di jadikanya makanan khas kepiting muda ini diolah dan diberi campuran udang dan bumbu khas. yang kemudian dimasukkan lagi ke dalam cangkang kepiting yang berukuran besar. kepiting ini rasanya gurih karena kepiting ini kpiting muda.

4. Ketan Ketarok Khas Probolinggo
Makanan khas probolinggo yang ke empat adalah Ketan Ketarok, Kratok sendiri merupakan sejenis kacang koro, Kratok ini biasanya dimasak menjadi sayur lodeh atau dicampur dengan ketan. Dalam penyajiannya ketan kratok ditaburi dengan parutan kelapa dan juga cairan gula merah mungkin kalau di tempat lain bisa di sebut juruh. Ketan Kratok ini mempunyai rasa yang gurih sedikit asin juga ada manisnya karena ada gula merah yang akan membius lidah anda.

5. Anggur Prabu Bestari Khas Probolinggo

Khas yang terakhir adalah anggur, anggur ini merupakan hasil alam yang menjadikan icon di probolinggo sebagai Kota Anggur. Sekitar dekade 80-an, budidaya anggur di proling ini terdapat di sepanjang jalan Mastrip Desa Wonoasih, yang merupakan sentra anggur terbesar di Probolinggo. di sana terdapat ribuan pohon anggur yang dapat di panen. dalam segi kualitas anggur Probolinggo sendiri sangat unggul. juga terdapat banyak macam jenis yang beragam, biasanya anggur ini di jadikan minuman jus yang bisa menyegarkan tenggorokan di waktu siang hari.


kota Probolinggo memiliki tarian daerah yaitu :
1.      Tari Glipang

Tari Glipang adalah sebuah tari rakyat yang merupakan bagian dari kesenian tradisional Kabupaten Probolinggo. Tari Glipang lahir di Desa Pendil , Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. Tari Glipang Berasal dari kebiasan masyarakat. Kebiasaan sudah turun temurun sekarang menjadi tradisi. Pak Parmo merupakan cucu dari pencipta Tari Glipang ini mengatakan bahwa “Glipang” bukanlah nama yang sebenarnya dari tarian tersebut. Awalnya nama tarinya adalah “Gholiban” berasal dari bahasa arab yang berarti kebiasaan.  ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Probolinggo.
2.      Petik Laut

Petik Laut adalah lomba balap perahu yang di adakan pada tanggal (15 hari sebelum puasa). Tradisi ini berasal dari masyarakat yang bertujuan untuk menyambut hadirnya bulan puasa
Kota Probolinggo memiliki beragam wisata yaitu :
1.      Pantai Bentar

Pantai bentar terletak di daerah Probolinggo. Pantai bentar indah, terletak di pinggir jalan Gending. Pantai bentar bersebrangan dengan bukit dan hutan bakau, menjadikan pantai ini serasa menyatu dengan alam yang hijau.

2.      Gunung Bromo 

Gunung Bromo merupakan Gunung yang terletak di daerah Probolinggo. Gunung Bromo berapinya masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Bromo mempunyai ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah yakni , Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bromo termasuk gunung suci .Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.



3.      Air terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura adalah suatu air terjun yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. air terjun ini tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun Madakaripura dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan biasa di sebut (hujan abadi), 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Air terjun ini diberi nama dari Madakaripura karena, tanah milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

4.      Candi Jabung


Candi Jabung adalah candi peninggalan dari kerajaan Majapahit yang terletak di desa Jabung. Candi terdiri dari empat bagian, dari bagian terbawah; bagian batur, kaki, tubuh, dan atap candi. Sebagian besar bagian atap candi sudah hilang.

Masih banyak lagi wisata, makanan di Probolinggo . ayo jangan Cuma liat- liat di blog  tapi wajib kalian datengin . Itulah postingan tentang Kabupatenku. Rugi lho kalo kalian gak kesini ! bye bye.. sampai jumpa di blog selanjutnya.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar