Kamis, 03 September 2015

Perkembangan Teknologi




Hai guys , aku akan membahas tentang Ilmu Pengetahun dan Teknologi (IPTEK). Perkembangan Teknologi di Indonesia dari tahun ke tahun semakin maju. Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat ke Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. Masyarakat Indonesia memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia benar-benar terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Perkembangan Teknologi memiliki dampak negatif dan memiliki dampak positifnya
.Dampak positif dari perkembangan teknologi adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah. Komunikasi khususnya di Indonesia terasa seakan menjadi lebih mudah seiring perkembangan teknologi ini.Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Contoh, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman melalui handphone miliknya ketimbang berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga sedang berlangsung. Kadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya.Saat orang sudah terlalu sibuk dengan telepon atau PC miliknya, lalu mereka menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berinteraksi di dunia maya, mereka tidak sadar bahwa saat itu mereka sedang membuang waktunya untuk berinteraksi dengan hidup sebenarnya yang berada disekitar mereka. Banyaknya pengguna sosial media dan pengakses internet ini, membuktikan bahwa masyarakat Indonesia lebih suka berinteraksi dan bergaul secara virtual dengan pengguna sosial media dan internet lainnya.
            Kesimpulan yang perlu kita perhatikan  kemajuan Teknologi dan dampak pengaruhnya  dalam hidup tidak dapat di hindari. Tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri misalnya memilah sisi negatif dan sisi positifnya agar kita tidak terjerumus pada hal yang tidak di inginkan. Think Smart !  

sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Teknologi_Komunikasi_di_Masyarakat_Indonesia

1 komentar: